TECH NEWS

Cara Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Cara menggunakan aplikasi perekam layar – Setiap orang pasti memiliki handphone,dan setiap handphone memiliki kelebihan masing – masing.Diartikel ini akan membahas aplikasi perekam layar,aplikasi perekam layar membantu kamu dalam menangkap dengan halus dan jelas layar video.Merekam layar atau biasa disebut screenshot yaitu  mengambil gambar (screenshot) atau merekam video di layar ponsel. Setelah merekam layar,Kamu dapat melihat, mengedit, dan membagikan gambar atau video.

Cara menggunakan aplikasi perekam layar (screenshot ) :

  1. Buka layar yang ingin kamu ambil fotonya.
  2. Ini tergantung ponsel yang digunakan karena setiap ponsel berbeda,pada ponsel kamu.
  3. Tekan tombol Power dan Turunkan volume secara bersamaan.
  4. Jika tidak berhasil, tekan dan tahan tombol Power selama beberapa detik. Lalu, ketuk Screenshot.
  5. Jika tidak satu pun yang berhasil,atau kamu bisa searcing baik di google atau youtube,kalau tidak menemukan kamu bisa membuka situs dukungan produsen ponsel untuk meminta bantuan.
  6. Di kiri bawah, kamu akan menemukan pratinjau screenshot. Di beberapa ponsel, di bagian atas layar,kamu akan menemukan tangkapan Screenshot.
Baca Juga:   Cara Menggunakan Kinemaster di Pc atau Laptop

Cara merekam layar ponsel kamu :

  1. Geser ke bawah dua kali dari bagian atas layar.
  2. Ketuk Rekaman layar 
  3. Kamu  mungkin perlu menggeser ke kanan untuk menemukannya.
  4. Jika tidak ada, ketuk Edit  dan tarik Rekaman layar  ke Setelan Cepat.
  5. Pilih yang ingin ingin rekam dan ketuk Mulai. Rekaman dimulai setelah hitung mundur.
  6. Untuk berhenti merekam, geser ke bawah dari bagian atas layar dan ketuk notifikasi Perekam Layar 
  7. Kamu bisa menemukan video yang direkam.Dengan buka ponsel, buka aplikasi Foto pilih Koleksi Film.

Atau kamu dapat merekam layar dengan menggunakan aplikasi ketiga yaitu Aplikasi DU Recorder :

1.Download dan Instal aplikasi Du Recorder di play store.

2.Buka aplikasi Du Recorder

3. Untuk mengakses fitur Screen Record,kamu cukup mengusap layar bagian atas ke bawah untuk membuka menu “Quick Settings”. di halaman “Quick Settings”, scroll layar ke kiri hingga menemukan ikon “Screen Recorder”. Jika tidak ada, kamu bisa mengklik ikon pensil di pojok kiri bawah untuk menemukan opsi perekaman layar.

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan  My Telkomsel

4. Sebelum merekam layar,kamu bisa mengatur sumber suara yang ingin direkam,antara lain dari audio perangkat, audio perangkat dan mikrofon, atau tidak mrekam suara sama sekali.

5. Setelah memilih salah satu opsi tersebut,kamu bisa langsung menekan tombol “Start Recording” untuk memulai perekaman layar.

6. Jika sudah selesai,kamu cukup menyentuh opsi “Tap to Stop” (tombol kotak) di bagian kiri atas dan proses perekaman layar pun akan dihentikan.

7.Hasil rekaman akan tersimpan dan dapat dilihat di galeri ponsel.Kamu juga bisa mengeceknya lewat aplikasi Google Photos yang terpasang di perangkat pnsel kamu.

8. Lewat Google Photos,kamu bisa menyunting atau mengedit hasil rekaman layar tersebut seperti mempersingkat durasi atau memotong klip video yang dianggap tidak penting.

Baca Juga:   Cara Mengubah Suara Menjadi Suara Google

9.Setelah diedit, video tersebut bisa dibagikan ke platform media sosial lainnya yang ingin kamu bagikan.Perlu kamu ketahui, fitur perekaman layar bawaan sini hanya tersedia untuk pengguna smartphone Galaxy yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 11.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan aplikasi perekam layar baik dengan menggunakan dari ponsel langsung ataupun dengan aplikasi tambahan,Sama – sama mudah untuk merekam layar.Semoga bermanfaat…

Baca Juga :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button