Gadget

Review BlackBerry 6210

BlackBerry 6210 merupakan seri ponsel pintar bisnis yang dihentikan dan dikembangkan oleh Research In Motion. 

Diluncurkan pada tahun 2003, ini adalah salah satu model BlackBerry generasi pertama yang paling populer. Ini adalah perangkat BlackBerry pertama yang dapat melakukan panggilan tanpa memasang headset.

BlackBerry Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Research In Motion Limited,adalah sebuah perusahaan perangkat telekomunikasi dan nirkabel asal Kanada yang dikenal sebagai pengembang produk telepon pintar dan tablet BlackBerry. 

Perusahaan ini berkantor pusat di Waterloo, Ontario, Kanada. Perusahaan ini didirikan oleh Mike Lazaridis, yang menjabat sebagai co-CEO bersama Jim Balsillie sampai 22 Januari 2012.

Research in Motion didirikan pada tahun 1984 oleh Mike Lazaridis. Nama ini terinspirasi dari kata-kata “poetry in motion” yang ia temukan dalam artikel sepak bola di sebuah surat kabar.

Perusahaan ini bekerja sama dengan RAM Mobile Data dan Ericsson untuk mengubah jaringan data nirkabel Mobitex milik Ericsson menjadi jaringan pager dua arah dan surel nirkabel. 

Hal utama yang berperan penting dalam pengembangan ini adalah peluncuran Inter@ctive Pager 950 pada Agustus 1998. Tentang ukurannya yang mirip batang sabun, perangkat ini bersaing ketat dengan jaringan pager dua arah SkyTel milik Motorola.

Perkembangan awal RIM dibantu oleh sejumlah investor Kanada pada tahun 1995 melalui pembentukan perusahaan swasta. Working Ventures Canadian Fund Inc. 

Baca Juga:   Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Memiliki Banyak Daya Tarik

Melakukan investasi pertama senilai C$5.000.000 untuk menyelesaikan pengembangan perangkat keras dan lunak pager dua arah RIM. 

Kucuran dana pra-IPO sebesar C$30.000.000 berhasil dikumpulkan oleh perusahaan ini sebelum melakukan penawaran umum perdana di Bursa Saham Toronto pada Janauri 1998 dengan simbol RIM.

Masa kejayaan BlackBerry akan berakhir dalam hitungan hari. Produk yang sempat digunakan oleh 80 juta orang lebih di seluruh dunia ini akan menjadi bangkai untuk selamanya mulai 4 Januari 2022.

Perusahaan akan berhenti menjalankan dukungan untuk perangkat klasiknya yang menjalankan BlackBerry 10, 7.1 OS dan sebelumnya. 

Ini berarti semua perangkat lamanya yang tidak menjalankan perangkat lunak Android tidak akan lagi dapat menggunakan data, mengirim pesan teks, mengakses internet atau melakukan panggilan, bahkan nomor darurat kepolisian.

Pengumuman berakhirnya masa BlackBerry sudah beredar sejak September 2020 sebagai bagian dari upayanya untuk fokus pada penyediaan perangkat lunak dan layanan keamanan kepada perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia dengan nama BlackBerry Limited.

BlackBerry (BB) sebagian besar telah keluar dari bisnis telepon sejak 2016, tetapi selama bertahun-tahun terus melisensikan mereknya ke produsen telepon, termasuk TCL dan baru-baru ini OnwardMobility, startup keamanan yang berbasis di Austin, Texas, untuk perangkat Blackberry 5G berjalan pada perangkat lunak Android.

Baca Juga:   Samsung A52 Resmi Dirilis, Cocok Untuk Para Gamer Didukung Jaringan 5G!

Ponsel jadul BlackBerry dengan keyboard fisik dari akhir 1990-an dan awal 2000-an pernah begitu populer sehingga orang menjulukinya “CrackBerries.” 

Keyboard menarik bagi para profesional yang menginginkan fleksibilitas bekerja di luar kantor dengan beberapa alat yang mereka gunakan di komputer desktop.

Perangkat tersebut menjadi simbol status dan perlengkapan bagi orang-orang di Wall Street, selebritas seperti Kim Kardashian, dan bahkan Presiden Barack Obama, sebagian berkat reputasi keamanannya yang luar biasa.

Perusahaan ini memulainya pada tahun 1996 sebagai Research In Motion dengan apa yang disebut pager dua arah. 

Gadget pertamanya, “Inter@ctive Pager”, memungkinkan pelanggan untuk merespons halaman dengan keyboard fisik, semacam campuran pesan teks/email. Tiga tahun kemudian, RIM memperkenalkan nama BlackBerry dengan BlackBerry 850.

Akhirnya, ponsel BlackBerry memperoleh dukungan untuk email, aplikasi, penjelajahan web, dan BBM, platform pesan teks terenkripsi yang mendahului WhatsApp dan bertahan lama setelah BlackBerry dikalahkan oleh para pesaingnya.

Namun revolusi layar sentuh Apple dengan iPhone pada tahun 2007 membuat penawaran BlackBerry tampak kurang. Itu mencoba layar sentuh dan model keyboard slide-out, dengan sedikit keberhasilan. 

Ini mengembangkan beberapa ponsel tanpa keyboard fisik, tetapi mereka tidak memiliki pembeda utama BlackBerry: keyboard taktilnya.

Baca Juga:   Oppo Find X3 Pro Resmi Diluncurkan, Begini Keunggulannya

BlackBerry akhirnya menyerah pada perangkat lunaknya sendiri, merangkul Android dan melapisi perangkat lunak keamanannya di atas. Ini menemukan beberapa keberhasilan dalam perangkat lunak keamanan perusahaan dan perangkat lunak otomotif.

Meskipun TCL berhenti membuat perangkat dengan nama BlackBerry pada tahun 2020, beberapa penggemar menunggu kedatangan perangkat BlackBerry 5G OnwardMobility, yang semula diharapkan diluncurkan pada tahun 2021. Meskipun tertunda, situs webnya masih menampilkan spanduk yang bertuliskan “coming 2021.”

Blackberry quark 6210 

BlackBerry 6210

Blackberry Quark atau nama resminya adalah Blackberry 6210 adalah salah satu HP berpengaruh dengan desain keypad berformat QWERTY seperti papan ketik komputer. 

HP inilah yang menjadikan Blackberry yang saat itu di bawah bendera Research in Motion (RIM) terkenal ke seluruh dunia.

2003 Blackberry 6210 

BlackBerry 6210 tiba pada tahun 2003, bersama dengan 6220, 6230 dan 6280. Ini juga memiliki telepon terintegrasi tetapi mereka menawarkan layar monokrom sedang daripada besar seperti model yang diluncurkan pada tahun 2002. 

Resolusinya mencapai 160 x 100. Ada juga model 6510 yang memiliki telepon terintegrasi dan radio dua arah terintegrasi.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.  

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button