Gadget

Snapdragon 4 Gen 2 Dan Fitur Unggulan

Snapdragon 4 Gen 2 jadi salah satu chipset Qualcomm yang menyasar HP kelas entry. Chipset yang pertama kali diumumkan pada Juni 2023 ini menjadi suksesor dari Snapdragon 4 Gen 1 dengan beberapa peningkatannya.

Snapdragon 4 Gen 2 macam fitur

Untuk pertama kalinya di lini seri Snapdragon 4, Snapdragon 4 Gen 2 dibekali dukungan 3GPP Release 16 versi 5G berkat modem X61. Selain itu, chip ini juga menjadi pelopor chip 4 nm dibanding seri Snapdragon 4 lainnya.

Snapdragon 4 Gen 2 memiliki CPU 8 inti (core) dengan kecepatan hingga 2,2 GHz. Dua core difokuskan untuk performa, sementara enam core lainnya untuk efisiensi.

Snapdragon 4 Gen 2 menawarkan peningkatan performa hingga 10 persen dibanding pendahulunya.

Chip ini juga dibekali dengan kartu grafis GPU Adreno. Sayangnya, Qualcomm belum memberikan rincian prosesor grafis yang melengkapi Snapdragon 4 Gen 2. Perusahaan hanya menyebutkan bahwa chip ini mendukung tampilan hingga resolusi Full HD+ pada 120 fps.

Baca Juga:   Mengungkap Fitur dan Cara Bermain Bad Piggies HD

Snapdragon 4 Gen 2 juga dibekali dukungan RAM jenis LPDR5x dengan kecepatan data hingga 3.200 MHz. Masih pada aspek memori, chip ini juga memiliki dukungan UFS 3.1 (2-lane).

Meski termasuk chipset segmen entry-level, Snapdragon 4 Gen 2 mampu menunjang kamera hingga resolusi 108 MP, dengan fokus otomatis yang lebih cepat. Pada aspek video, chip ini diklaim bisa mengurangi noise dan sudah mendukung fitur Electronic Image Stabilization (EIS).

Adapun resolusi videonya masih mentok sampai 1080 piksel pada 60 fps atau 720 piksel pada 120 fps.

Fitur lainnya yang turut melengkapi Snapdragon 4 Gen 2 antara lain Quick Charge 4+ yang bisa mengisi daya ponsel hingga 50 persen dalam 15 menit, USB-C, WiFi 5, Bluetooth 5.1 dan aptX untuk menunjang audio perangkat.

Baca Juga:   Daftar Aplikasi Menghasilkan Uang Dengan Mudah Yang Bisa Kamu Donwload dan Mulai Menghasilkan

Snapdragon 4 Gen 2 kecepatan jaringan

Snapdragon 4 Gen 2 juga sudah mendukung jaringan 5G dengan modem Snapdragon X61. Modem ini membuatnya mampu memiliki kecepatan unduh hingga 2500 Mbps.

Beralih ke sektor multimedianya, meski berada di kelas entry, Snapdragon 4 Gen 2 ini sudah mampu menunjang kamera hingga 108 MP. Sedangkan untuk perekaman videonya mentok di 1080p dengan 60 fps. Menariknya, sudah ada gyro-EIS untuk stabilisasi saat merekam video.

Hal menarik lain dari Snapdragon 4 Gen 2 ini adalah menjadi chipset pertama yang menggunakan fabrikasi 4 nm di serinya.

Hal ini membuatnya memiliki tingkat efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Soal performa, chipset ini mengandalkan delapan inti CPU sebagai sumber tenaganya.

Baca Juga:   Xiaomi Mi 11 Sudah Hadir Secara Global, Simak Berbagai Keunggulannya...

Terdiri dari dua core Cortex A78 (2,2 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (2 GHz) untuk efisiensi dayanya. Sedangkan untuk pengolahan grafisnya mengandalkan Adreno 613 dengan frekuensi 955 MHz.

Sebagai gambaran saja, merujuk pada data Nanoreview, Snapdragon 4 Gen 2 ini mampu meraih skor 417.200 poin pada AnTuTu v10. Sedangkan untuk GeekBench 6, skor single-core-nya 915 dan 2.119 untuk skor multi-core-nya.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang Snapdragon 4 Gen 2, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman yang lain ya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button