SOFTWARE

Software Autodesk dan Kelebihan

Software Autodesk merupakan aplikasi desain grafis untuk menggambar desain dalam format dua dimensi dan tiga dimensi yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat bernama Autodesk Inc.

Perusahaan Autodesk Inc dibentuk oleh John Walker pada tahun 1982 ini telah mengeluarkan berbagai software desain untuk keperluan berbagai industri. Mulai dari desain arsitektur, desain fashion, hingga product design untuk bidang manufaktur.

Dengan memakai berbagai software Autodesk, desainer dan engineer dapat membuat sketsa desain dalam format 2D dan kemudian mengubahnya menjadi desain gambar dalam format 3D.

Autodesk merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai aplikasi desain untuk kebutuhan berbagai industri. Sementara itu, AutoCAD adalah salah satu aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Autodesk.

Software Autodesk Inventor 

Autodesk Inventor adalah aplikasi ekstensi desain berbantuan komputer untuk desain mekanik 3D, simulasi, visualisasi, dan dokumentasi yang dikembangkan oleh Autodesk.

Ada banyak jenis software autodesk inventor yang digunakan, berikut kami jelaskan rincian nya 

1. Autodesk Inventor

Autodesk Inventor adalah aplikasi khusus untuk bidang teknik, karena dapat membuat desain mekanis 3D. 

Baca Juga:   Software Replicon dan Keunggulan

Aplikasi Autodesk Inventor menawarkan bermacam-macam fitur yang memungkinkan engineer membuat desain mold, dokumentasi, dan simulator berbasis parametrik.

2. Inventor Tolerance Analysis

Kemudian, ada juga aplikasi Autodesk Inventor Tolerance Analysis yang memungkinkan engineer dapat mendesain dan juga memilih bagian dalam perakitan supaya sesuai dengan ketentuan mekanis berdasarkan asas toleransi kumulatif.

3. Autodesk Inventor Nesting

Aplikasi Autodesk Inventor Nesting ini berfungsi untuk membantu desainer dalam menghitung perbandingan bahan baku mentah supaya dapat memberikan hasil yang maksimal. Tujuannya agar proses desain dan biaya produksi semakin efisien.

4. Autodesk Inventor CAM

Selanjutnya, aplikasi Autodesk Inventor CAM diciptakan untuk membantu engineer di bidang teknik mesin dalam melakukan simplifikasi rangkaian proses kerja pemesinan.

5. Autodesk Inventor Nastran

Autodesk Inventor Nastran memiliki peran sebagai Finite Element Analysis (FEA) yang terhubung dengan aplikasi Autodesk lainnya. 

Dengan begitu engineer tidak usah membuka aplikasi simulasi secara terpisah, sehingga kinerja pun jadi lebih cepat dan efektif.

Baca Juga:   Software WorkWave Dan Kelebihan

Software Autodesk Revit

Revit adalah salah satu software BIM (Building Information Modeling). Pertama kali Revit dirilis pada 5 April 2000 setelah diakuisisi Autodesk. Sampai sekarang, Revit sudah masuk ke software Revit 2022.

Aplikasi ini umumnya digunakan oleh arsitek, pekerja konstruksi, kontraktor, sampai praktisi Mechanical Electrical Plumbing (MEP). Dengan software ini dapat membantu kalian dalam pekerjaan pemodelan gambar 3D secara detail.

Saat mengerjakan proyek konstruksi, software Revit dipilih karena mampu mengakomodir pemodelan 3D. Apakah hanya itu saja fungsi dari software Revit? Tentunya masih banyak lagi fungsinya dalam industri.

  • Membuat desain konseptual
  • Pemodelan parametik 3D
  • Melakukan dokumentasi yang terpusat interdisiplin
  • Pemodelan komponen bangunan
  • Melakukan analisa dan simulasi sistem dan struktur
  • Mengiterasi dan memvisualkan desain
  • Membuat dokumentasi desain untuk fabrikasi maupun konstruksi
  • Pemodelan dan dokumentasi baja struktural
  • Pemodelan dan perincian fabrikasi MEP
  • Visualisasi 3D secara photorealistik
  • Membangun analisis kinerja dan dokumentasi konstruksi

Selain CAD, teknologi BIM telah mengubah cara kerja arsitek. Software Autodesk Revit membantu arsitek memvisualisasikan hasil kerjanya dalam satu tempat secara efektif.

Baca Juga:   Software Zebra Technologies Corporation: Kelebihan Dari Sistem

Arsitek dapat memakai Software Autodesk Revit untuk menunjukan komponen gedung secara real-life seperti jendela, pintu, sampai dinding dengan desain yang sesuai. 

Informasi lain seperti denah lantai, elevasi, pembuatan bahan, sampai penjadwalan bisa dilakukan lewat Revit. Dengan begitu, pekerjaan arsitek untuk membuat desain bangunan jauh lebih mudah dan efektif.

Kedua, Software Autodesk Revit mampu mengoptimasi fungsi desain arsitektur yang digarap. Menentukan biaya produksi, memantau kinerja selama proyek berlangsung bisa dilakukan dalam satu aplikasi.

Software Autodesk Revit mampu membuat dokumentasi konstruksi dengan cutaways 3D views dan stereo panoramas. Berikutnya, interoperability pada Revit dan software 3ds Max Autodesk membuat pemodelan dalam virtual reality.

Arsitek bekerja dengan berbagai pihak sehingga butuh wadah untuk memantau hasil kerja secara real-time. Koordinasi dengan satu alat dapat menaikkan efektivitas semua pihak yang terkait dan meningkatkan kinerja.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.    

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button