Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022

Link Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022 – Free

Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022 – Radio di Indonesia merupakan alat komunikasi yang sangat penting pada zaman dahulu. Perjuangan kemerdekaan tidak lepas dari peran media. Tanggal 11 September setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Radio Nasional sekaligus hari jadi Radio Republik Indonesia (RRI).

RRI didirikan pada 11 September 1945, hampir sebulan setelah Hoso Kyoku, sebuah stasiun radio Jepang, berhenti mengudara pada 19 Agustus 1945. Pada saat itu, orang tidak lagi memiliki hak untuk mengakses informasi tentang apa yang harus dilakukan setelah Indonesia mendeklarasikan Kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pada saat ini, stasiun radio asing mengumumkan bahwa pasukan Inggris atas nama Sekutu akan menduduki Jawa dan Sumatera. Berdasarkan informasi ini, dikabarkan bahwa tentara Inggris melucuti senjata tentara Jepang dan menjaga keamanan sampai pemerintah Belanda dapat sekali lagi menjalankan kekuasaan di Indonesia.

Pihak sekutu sendiri jelas masih mengakui kedaulatan Belanda atas Indonesia. Berkat stasiun-stasiun asing, diketahui bahwa kerajaan Belanda sedang dalam proses pembentukan pemerintahan yang disebut Netherlands Independent Civil Administration (NICA).

Mereka yang aktif di radio Hosu Kyoku pada masa pendudukan Jepang menyadari bahwa radio adalah alat yang dibutuhkan pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk berkomunikasi dan memberi nasihat kepada masyarakat tentang apa yang perlu dilakukan. Delapan orang yang pernah bekerja di radio Hosu Kyoku di Jawa berkumpul untuk rapat dengan pemerintah pada 11 September 1945 pukul 17.00 WIB.

Baca Juga:   12+ Ragam Twibbon Hari Jantung Sedunia Tahun 2022

Delegasi stasiun bertemu di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon dan diterima oleh Menlu. Kami juga mengetahui bahwa delegasi radio yang hadir dalam pertemuan itu adalah Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto dan Maladi. Abdulrahman Saleh, yang ditunjuk sebagai ketua delegasi, mempresentasikan rencana pertemuan tersebut.

Menggambarkan pernyataan Adulrahman sendiri tentang seruan pemerintah untuk mendirikan stasiun radio sebagai alat komunikasi antara pemerintah dan rakyat. Panggilan tersebut dilatarbelakangi oleh rencana Sekutu untuk mendarat di Jakarta pada akhir September 1945 karena radio dipandang sebagai alat komunikasi yang lebih cepat dan tidak mudah terputus selama pertempuran. delegasi radio bermaksud menggunakan studio Hoso Kyoku dan peralatan penyiaran radio.

Namun, Menteri Luar Negeri dan Menteri menyatakan keberatan karena peralatan itu terdaftar sebagai barang inventaris Sekutu.

Baca Juga:   Kumpulan Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 H, Download Gratis Di Sini

Dalam pertemuan tersebut, Abdulrachman Saleh juga membacakan beberapa kesimpulan, yaitu Pembentukan asosiasi RRI yang akan terus disiarkan dari 8 stasiun di Jawa, presentasi RRI kepada Presiden dan Pemerintah Republik Indonesia sebagai sarana komunikasi dengan rakyat, Menyerukan semua hubungan antara pemerintah dan RRI melalui Abdulrachman Saleh.

Meski dalam beberapa hal tidak sepaham, pemerintah menerima kesimpulan tersebut dan siap membantu RRI. Sekitar pukul 2 .00 WIB, delegasi dari 8 radio di Jawa melanjutkan pertemuan di rumah Adang Kadarusman. Peserta pertemuan tersebut adalah perwakilan dari Purwokerto: Soetaryo, perwakilan dari Yogyakarta: Soemarmad dan Soedomomarto, perwakilan dari Semarang: Soehardi dan Harto, perwakilan dari Surakarta Maladi dan Soetardi Hardjolukito, perwakilan dari Bandung Darya, Sakti Alamsyah, dan Agus Marahsutan.

Hasil akhir dari rapat yang diadakan di rumah Adang Kadarusman adalah berdirinya RRI dengan Abdulrachman Saleh sebagai ketuanya.

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Radio Republik Indonesia (RRI) tahun ini. Mulai dari membuat poster, mengirim ucapan atau menggunakan Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022.

Kemudian Twibbon ini dapat kamu bagikan untuk Hari Radio Republik Indonesia (RRI) melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram atau gunakan sebagai status whatsapp.

Baca Juga:   Dalam Rangka Merayakan HUT RI Ke-76, Yuk Intip Kilas Sejarahnya !

Kami telah menyiapkan beberapa link download Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022 untuk Anda gunakan secara gratis. Beberapa desain Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022  dirangkum dari beberapa sumber yang tentunya asyik dan stylish untuk dibagikan. Nah itulah beberapa desain Twibbon Hari Republik Indonesia yang bisa kamu gunakan.

Link Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022:

Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022

Download Gambar 1  / Download Gambar 2

Cara Memasang Foto di Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022:

Klik tautan Desain Twibbon untuk Hari Republik Indonesia 2022 yang tersedia di atas, Anda akan diarahkan ke Twibbic.net,  Klik tombol Browse di bawah desain untuk mengunggah foto Anda, Atur ulang posisi foto Anda agar sesuai dengan bingkai Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022 dengan mengecilkan atau memperbesar foto, ika foto terlihat akurat dan bergaya, klik tombol berikutnya untuk melihat tampilan yang lebih besar sebelumnya. Klik tombol unduh untuk mengunduhnya ke perangkat Anda.

Nah, itulah desain ekslusif Twibbon Hari Radio Republik Indonesia 2022 yang bisa sobat share ke teman-temanya melalui media sosial SECARA GRATIS. Yuk Bagikan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.