Cara Menyambungkan Laptop ke TV
Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Praktis, Gunakan 5 Cara Ini!

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Praktis, Gunakan 5 Cara Ini! – Apakah Anda sedang mencari cara Menyambungkan laptop ke TV? Ada banyak alasan untuk mengkoneksikan Laptop dan TV. Namun biasanya, Menyambungkan Laptop dan TV digunakan pada saat menonton Film Film terbaru. Hal ini dilakukan karena biasanya Perangkat Laptop memiliki keterbatasan dalam hal Layar.

Terkadang, laptop yang Anda pakai hanya memiliki layar sebesar 14 atau 15 inci. Dan TV yang Anda punya dirumah memiliki layar yang lebih besar. Sehingga cara menyambungkan laptop ke TV dirasa perlu dilakukan untuk mendapat kepuasan tersendiri. Kali ini wajibtekno akan membagikan Cara menyambungkan laptop ke TV baik menggunakan kabel ataupun memanfaatkan jaringan Wifi. Sehingga Anda akan mendapatkan kepuasan dalam menonton film-film favorit.

Namun sebelumnya, Anda harus memastikan Tentunya memastikan perangkat yang Anda pakai terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan beberapa televisi lama belum memiliki port HDMI, atau belum bisa tersambung dengan internet serta memiliki fitur-fitur yang terbatas. Namun, jika Anda memiliki perangkat Smart TV, akan sangat mudah untuk menyambungkan Laptop ke TV. Nah, lamgsung saja, berikut beberapa Cara Menyambungkan Laptop ke TV Praktis

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Praktis

Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI

Cara ini bisa dibilang sebagai cara yang paling mudah untuk menghubungkan laptop Anda ke TV.  Seperti namanya, Kabel HDMI bisa menangani audio dan video resolusi tinggi, jadi sangat bagus untuk streaming acara TV favorit. Namun dua perangkat yang akan disambungkan baik Laptop ataupun TV harus memiliki port HDMI. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Siapkan Kabel HDMI untuk menyambungkan kedua perngkat
  • Hubungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI.
  • Nyalakan kedua perangkat.
  • Pilih input HDMI yang benar di TV dengan remote.
  • Koneksi antara kedua perangkat harus dibuat secara otomatis. Namun jika tidak, buka Pengaturan (setting), pilih System, klik Display dan pastikan “TV” dipilih. Pada menu ini juga Anda bisa mengatur resolusi.
  •  Setelah selesai, tekan tombol Windows dan tombol P lalu pilih opsi “Duplicate”.
Baca Juga:   Cara Cek Nomor Telkomsel, Gunakan 3 Cara ini Easy Loh!

 Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel VGA

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Kabel VGA yang memiliki fungsi sama dengan Kabel HDMI. Jika Anda memiliki laptop dan TV versi lama, kemungkinan besar akan menemukan port VGA pada keduanya. Walaupun kabel VGA memang tidak sebaik HDMI, hal ini dikarenakan kualitas video resolusi rendah. Yang perlu diperhatikan adalah kabel VGA yang disambungkan berfungsi hanya untuk menghubungkan dengan sinyal video saja. Hal ini berarti Anda memerlukan kabel terpisah untuk menangani audionya. Berikut ini adalah cara selengkapnya

  • Hubungkan laptop ke TV dengan kabel VGA.
  • Setelah itu, jangan lupa untuk menghubungkan kedua perangkat dengan kabel audio 3.5mm.
  • Nyalakan kedua perangkat. Pilih input PC atau RGB di TV dengan remote.
  • Koneksi antara kedua perangkat harus dibuat secara otomatis. Buka Pengaturan (Setting) > System > Display dan pastikan “TV” dipilih. Pada menu ini pula Anda bisa mengatur resolusi.
  • Setelah selesai, tekan tombol Windows dan tombol P lalu pilih opsi “Duplicate”.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan USB-C

Jika laptop Anda memiliki port USB-C, Anda memiliki beberapa opsi. Bisa menyambungkannya ke TV secara langsung dengan kabel USB-C. Dengan catatan, hanya jika TV tersebut juga memiliki port USB-C. Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua port USB-C dapat membawa sinyal video, jadi pastikan untuk memeriksanya sebelum membeli dan menggunakan kabel USB-C ke USB-C.

Anda juga bisa menggunakan adaptor USB-C ke HDMI. Sambungkan kabel USB-C ke laptop Anda dan kabel HDMI ke TV. Kemudian sambungkan ujung lain dari kabel HDMI ke adaptor untuk menghubungkan kedua perangkat secara bersamaan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan Kabel HDMI untuk disambungkan Ke TV, USB Type C untuk disambungkan ke Laptop dan Adaptor USB-C ke HDMI untuk mengubungkan kedua perangkat
  • Hubungkan kedua perangkat dengan kabel USB-C. Atau, gunakan adaptor USB-C ke HDMI.
  • Nyalakan TV dan laptop.
  • Pilih input yang tepat di TV dengan remote, hal ini tergantung pada kabel yang Anda gunakan.
Baca Juga:   Petunjuk Untuk Mentransfer Riwayat Obrolan Dari WhatsApp Ke Telegram!

Cara Menyambungkan Laptop ke TV secara Wireless

Memang menggunakan kabel terasa merepotkan dan kurang sedap dipandang mata. Dan jika Anda tidak ingin berurusan dengan kabel-kabel yang mengganggu. Anda bisa juga menyambungkan laptop ke TV secara wireless. Namun untuk menggunakan cara ini Anda akan membutuhkan perangkat tambahan yaitu perangkat streaming media, seperti Google Chromecast atau Roku Streaming Stick Plus.

TV yang Anda pakai juga harus menggunakan Smart TV agar bisa menggunakan cara ini. Berikut cara menyambungkan laptop ke TV tanpa kabel dengan Chromecast. Untuk menampilkan Chrome di TV, Anda memerlukan:

  • Chromecast, Chromecast dengan Google TV, Chromecast Ultra, atau TV yang dilengkapi Chromecast.
  • Komputer dan jaringan Wi-Fi.
  • Versi terbaru Google Chrome (versi 72 atau lebih tinggi).
  • Untuk menghubungkan komputer dan perangkat Chromecast Anda ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Transmisikan tab dari Chrome

  1. Di komputer Anda, buka Chrome.
  2. Di kanan atas, klik Lainnya Lagi lalu Cast .
  3. Pilih perangkat Chromecast yang ingin Anda gunakan.
    • Jika Chromecast sudah digunakan, konten saat ini akan diganti.
  4. Untuk mengakhiri transmisi, di sebelah kanan bilah alamat, klik Cast zQ4urIrAavJmqa7wJWa0vrlVhosO1cYheFgE laluHentikan transmisi .

Transmisikan Layar Laptop ke TV

Anda dapat menampilkan seluruh layar komputer Anda menggunakan Chrome di Mac, Windows, dan Chrome OS. Catatan: Untuk memutar audio di TV Anda, gunakan komputer Windows.

  1. Di komputer Anda, buka Chrome.
  2. Di kanan atas, klik Lainnya Lagi lalu Cast .
  3. Klik Sumber  Panah Bawah.
  4. Klik Transmisikan desktop .
  5. Pilih perangkat Chromecast tempat Anda ingin menonton konten.
Baca Juga:   UPDATE PONSEL: Spesifikasi Lengkap Samsung A01

Transmisikan musik & video dari komputer Anda

  1. Buka Chrome.
  2. Buka file yang ingin Anda transmisikan di tab Chrome.
  3. Seret dan lepas file ke tab Chrome, atau gunakan pintasan keyboard:
    • Jendela: Ctrl + o
    • Mac: o
  4. Di kanan atas, klik Lainnya  Lagi lalu Cast .
  5. Pilih perangkat berkemampuan Chromecast yang ingin Anda gunakan.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV tanpa Kabel

Menyambungkan laptop ke TV tanpa kabel yang satu ini khusus bagi perangkat MacBook ataupun komputer Mac yang memang mengusung MacOS. Selain itu, terhubung tanpa kabel dengan syarat pendukung, yakni AirPlay 2. Beberapa yang bisa, seperti Apple TV, Apple TV 4K, dan TV dari Samsung, Sony, LG, keluaran terbaru dari 2019 ke sini. Berikut caranya:

  • Perangkat MacBook dan Apple TV berada pada jaringan yang sama.
  • Nyalakan Apple TV dan aktifkan AirPlay. Caranya, masuk ke pengaturan Apple TV, lalu pilih AirPlay, dan pilih opsi “Everyone”.
    Nyalakan AirPlay di perangkat Macbook.
  • Selanjutnya, buka menu utama Apple. Pilih “System Preferences”, klik Display, baru pilih “Display tab”.
  • Kemudian, pilih “AirPlay Display”. Pilih “On”. Lalu centang “Show mirroring options in the menu bar when available”.
  • Klik menu “AirPlay” yang terletak pada kotak, dengan segitiga di dalamnya. Berada di sudut kanan atas layar Mac Anda. Nanti akan muncul pilihan menu.
  • Kemudian pilih nama TV. Setelah itu, pada bawah “AirPlay To”, pilih “Apple TV” tempat Anda ingin mencerminkan layar Mac. Hingga akhirnya tampilan MacBook Anda tersambung di Apple TV.
  • Anda juga bisa mematikan AirPlay. Caranya pilih “AirPlay”, lalu pilih menu “icon” dan pilih opsi “Turn AirPlay Off in the drop-down menu”.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.