Cara menggunakan aplikasi video maker

Cara Menggunakan Aplikasi Video Maker

Cara menggunakan aplikasi video maker – Video maker atau biasa disebut pembuat video musik dan editor video dari foto & musik untuk YouTube, adalah aplikasi pengeditan paling ramah pengguna untuk Android. Editor video lengkap ini dengan fitur pengeditan video yang kuat & gratis: trim video, potong, gerakan cepat & lambat, edit video dan foto dengan musik, efek transisi, filter, simpan video tanpa kehilangan kualitas, dll.

Cara mengedit video dengan menggunakan video maker yang paling banyak digunakan adalah dengan aplikasi bernama Movie Maker. Walaupun,harus katakan bahwa aplikasi ini bukanlah aplikasi untuk level master program edit video. Tetapi jika kamu mampu menguasai software ini, proses editing video bakal bisa kamu lakukan dengan sangat mudah dan menyenangkan. Dengan software ini, kamu bisa membuat dan mengedit video jadi makin menarik dan menawan.

Cara menggunakan aplikasi video maker :

  1. Download terlebih dahulu aplikasi video maker di google play store.
  2. Buka Aplikasi video maker.
  3. Untuk memulai proses editing, silakan kamu buka program Movie Maker. Setelah terbuka, kamu bisa memulai proses pembuatan video atau mengedit video dengan mengklik   menu File > New Project.
  4. Dibagian tampilan depan video maker,kamu akan ditampilkan halaman ada tiga bagian utama yang terdapat di Aplikasi video maker. Yaitu:
  • Bagian ini adalah bagian paling atas pada tampilan. kamu bisa menemukan berbagai menu edit di bagian itu. Seperti transitions, effects, captions, audio levels, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan Video, foto, dan audio melalui tool yang ada di Ribbon. Termasuk juga simpan cepat video yang telah kamu edit.
  • Preview Window. Bagian di samping kiri kamu di bawah Ribbona dalah Preview Window. Pada bagian inilah kamu bisa lihat video yang kamu buat dan kamu simpan. Termasuk juga memutar video sementara.
  • Storyboard atau Timeline. Bagian ini terletak di bawah Ribbon di samping kanan. Bagian ini menampilkan urutan video dan juga klip video yang di import. Storyboard adalah tempat dimana kamu bisa mengatur klip, memotong dan mengurutkanya kembali.
Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Kartu Bpjs Kesehatan

5.Upload Video ataupun foto :

Cara mengedit video menggunakan video maker berikutnya tentu harus ada video atau foto yang tersedia.Nah,untuk menyediakan video atau foto, kamu bisa menguploadnya melalui beberapa cara:

  • Upload video dari Kamera Digital Vidio (DV). Untuk kamu yang memiliki video di dalam kamera digital, kamu dapat menghubungkan kamera tersebut dengan komputer melalui koneksi IEEE 1394 atau koneksi USB 2.0 dan mengatur kamera untuk memutar rekaman video.
  • Upload video atau foto dari file Manager. Selain melalui kamera digital, cara paling mudah adalah mengambil video atau foto yang telah tersimpan di file manager. Kamu bisa menambahkanya ke Movie maker dengan mudah. kamu cukup klik Add videos and photos dan pilih video atau foto yang ingin kamu edit di Movie maker.

6.Memotong Klip

Cara mengedit video menggunakan Movie Maker berikutnya adalah memotong video menjadi beberapa bagian. Silakan kamu pilih menu Video tolls lalu klik pada bagian edit. Disitu ada bagian Split. Tariklah video yang sudah terbagi dalam tata urutan yang kamu kehndaki. Kamu bisa membuang bagian yang tidak ingin kamu tampilkan, menyisipkan transisi lain dan sebagainya.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Tool Skin FF

7.Pemangkasan Klip ( Trimming clips)

Pemangkasan klip (trimming clips) adalah alat berharga jika kamu ingin menyingkirkan bagian klip, tetapi tidak menghapusnya. Trims Tool Movie Maker memungkinkan kamu untuk memilih klip dalam urutan yang kamu inginkan dan akan mengabungkanya dari awal hingga akhir untuk membentuk urutan baru.

8.Menyesuaikan level audio

Kamu juga bisa membuat tingkat audio untuk setiap klip memiliki konsistensi yang sama. Untuk mengubah tingkat audio dari klip, tekan Edit pada bagian menu Video dan pilih Volume video. Kamu juga bisa menyesuaikan dimana audio bakal ditampilkan.

9.Menambahkan Transisi

Untuk menambahkan transisi, kamu hanya perlu memilih klip dan klik pada tab Animasi pada toolbar untuk membuka pilihan transisi.

10.Menambahkan Efek

Movie Maker juga dilengkapi dengan berbagai pilihan visual efek. Terletak di bawah tab Visual Effects pada toolbar, ada sejumlah efek yang bisa kamu pilih.

11.Menghilangkan Transisi dan efek

Cara mengedit video menggunakan video Maker juga memungkinkan kamu untuk menghilangkan transisi dan efek yang sudah kamu buat. Untuk menghilangkan transisi yang salah, kamu tinggal klik bagian Animation, lalu pilih No transition. Sama juga untuk menghilangkan efek.

12.Menambahkan Judul video

Cara mengedit video menggunakan video Maker juga memungkinkan kamu untuk menghilangkan transisi dan efek yang sudah kamu buat. Untuk menghilangkan transisi yang salah, kamu tinggal klik bagian Animation, lalu pilih No transition. Sama juga untuk menghilangkan efek.

Baca Juga:   Cara Mengubah Suara Menjadi Suara Google

13.Menambahkan Caption

Jika kamu ingin menambahkan judul pada page tertentu, atau menambahkan teks pada video yang kamu buat. Kamu bisa melakukanya. Klik saja baian Caption yang

14.Terakhir yaitu memilih membagikan hasil editan kamu di media social atau menimpannya di laptop atau PC kamu.

Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih jika kamu telah selesai mengedit dan membuat video. Kamu bisa membagikanya di akun sosial kamu, atau hanya sekadar menyimpanya saja di komputer.

Jika kamu memilih membagikanya,video Maker langsung terhubung dengan FaceBook, YouTube, Vimeo, or Flickr Movie Maker’s. Pada bagian Home terlihat beberapa pilihan media sosial untuk membagikan video buatan kamu. Silakan klik mana yang ingin kamu gunakan. Sementara jika kamu ingin hanya sekadar menyimpan video. Kamu juga bisa melakukannya. Kamu hanya perlu klik pada bagian Save Movie disebelah kanan Share. Dengan begitu kamu akan di arahkan ke tempat dimana kamu bakal menyimpan video atau klip buatan kamu.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan video maker,semoga membantu dalam mengedit video.Agar hasil video yang kamu edit akan menghasilkan video yang menarik untuk ditonton….

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *