Bagaimana Cara Menggunakan Family Link?

Bagaimana Cara Menggunakan Family Link?-Google terlihat disadari bahwa mengontrol terkait pemakaian hp untuk anak-anak yang lumayan penting untuk beberapa orang.

Oleh karena itu Google telah mengembangkan sebuah layanan khusus yang dinamai Family Link untuk membantu para anak bisa gunakan perangkat dengan aman dan lebih terarah.

Untuk memberikan sebuah ruang untuk anak untuk memakai perangkat seperti hp, tablet, laptop atau pc jadi sebuah hal yang sangat wajar pada masa kini. Apalagi sesudah semuanya dialihkan dalam bentuk daring, setiap kali kegiatan sekolah harus mengerjakan dengan gunakan salah satu perangkat itu.

Cukup disayangkan, bahwa sering menjumpai cukup banyak sekali anak yang sudah memanfaatkan sebuah kesempatan tersebut untuk lakukan hal-hal yang berada di luar kegiatan yang semestinya. Dengan memainkan game ini sepanjang waktu, nonton video tanpa ada batas, sampai lakukan hal yang tak pantas untuk memanfaatkan perangkat yang diberi.
Kemudian family Link nya lahir dengan tujuan agar kita bisa ngontrol penggunaan gadget anak meskipun tak dapat menemani mereka setiap waktu.

Dengan menggunakannya, disetiap kegiatan yang mereka saat menggunakan perangkat dapat dibatasi dan diawasi sesuai dengan kebijakan yang ada.

Apa Family Link?

Sekilas untuk kalian yang tak tahu, Family Link itu apa. Family link merupakan sebuah layanan pendamping yang diberikan Google yang bertujuan untuk membantu orang tua dalam menerapkan dan mengawasi aturan penggunaan perangkat digital pada keluarga.

Dengan layanan ini dapat memungkinkan orang tua untuk mengatur berbagai hal ke perangkat sang anak. Seperti membatasi konten-konten yang bisa ditonton, menyetel untuk waktu pemakaian, mengelola aplikasi yang bisa dipasang, sampai lihat lokasi tersebut.

Akan ada 2 jenis aplikasi yang ada untuk pakai suatu layanan yang meliputi versi anak dan versi orang tua. Diantara keduanya bisa diunduh dan diinstall dari layanan aplikasi Google Play Store ataupun dari Apple Apps Store yang menyediakan aplikasi khusus untuk orang tua.

Aplikasi ini juga tersedia untuk anak-anak yang bisa digunain dengan cukup baik pada hp dengan basis minimal sistem Android 7, sementara itu untuk aplikasi orang tua cukup perlu dengan minimal iOS 11 ke atas atau Android 5.

Cara Gunakan Family Link

  1. Pasang Aplikasi family link yang bisa kalian download di app store ataupun play store
  2. Kemudian install lah aplikasi Google Family Link for Parent pada perangkat
  3. Kemudian klik anak panah yang menunjuk ke bawah dan membaca halaman yang berisi informasi singkat
  4. Pilih Get Started kalau sudah selesai
  5. Lakukan login atau masuk dengan akun Google yang kalian miliki
  6. Klik Parent untuk atur perangkat khusus untuk orang tua
  7. Selanjutnya pilih Next untuk mastiin pilihan
  8. Pilih I’m ready untuk melanjutkan proses
  9. Kemudian buatlah dan masukkan akun Google Anak
  10. Ikutilah petunjuk yang timbum sesuai dengan tindakan yang dipilih
  11. Kalau sudah selesai, maka buka hp Anak
  12. Selanjutnya klik install aplikasi Google Family Link for teenagers dan children
  13. Kamudian setujui beberapa macam hal jika ada muncul
  14. Log in dan masuk dengan akun anak kalian yang telah ditautkan ke aplikasi orang tua
Baca Juga:   Cara Kirim Uang Antar Bank GRATIS Tanpa Biaya Admin

Aplikasi Family Link for Parent bisa kalian download lewat App store ataupun Play store. Kalian bisa masang sesuai dengan sistem operasi pada perangkat yang kalian gunakan.

Sementara untuk Family Link for children & teenagers cuma bisa ditemukan aplikasinya hanya di Play store. Aplikasi ini bisa kalian install di tablet, hp, atau Chromebook yang mendukung pemasangannya pada perangkat Android.

Mengelola Perangkat

  1. Bukalah aplikasi dari Family Link for Parent
  2. Klik View pada akun anak kalian yang ingin dikelola
  3. Pilihlah tombol Manage Settings
  4. Kemudian kalian bisa menyetel pengaturan sesuai dengan kebutuhan

Melalui halaman tersebut, kamu dapat mengubah ketentuan untuk pemakaian Google Play Store, Chrome, Search, YouTube, hingga beberapa aplikasi pihak ketiga. Kamu pun dapat mengelola sejumlah pengaturan seperti lokasi, informasi akun, setelan privasi, hingga login aplikasi.

Baca Juga:   Cara Menggunakan LINE di PC Atau Laptop

Nambah Akun Anak

  1. Aktifkan aplikasi Family Link for Parent
  2. Kemudian tombol Add dengan ikon bergambar + yang terletak pada panel atas dekat foto profil
  3. Gunakanlah akun Anak yang ingin ditambahin
  4. Ikutilah petunjuknya yang muncul sesuai dengan pilihan sebelumnya

Lebih menariknya lagi Family Link tidak hanya ndukung pengelolaan pada satu perangkat saja. Kalisn bisa nambahin banyak akun yang sesuai dengan jumlah anak yang akan diawasi dengan gunakan beberapa langkah yang ada di atas.

Baca Juga:Cara Menggunakan Aplikasi Obs Studio

Family Link tak hanya sebuah aplikasi yang buruk walaupun mempunyai rating yang cukup rendah di Google Play Store. Berdasarkan penelusuran mimin, penilaian itu justru bersumber dari anak-anak yang ingin bebas dalam pemakaian perangkat.

Itulah artikek tentang Bagaimana Cara Menggunakan Family Link? Seoga memberi banyak manfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *