TECH NEWS

Cara Membuat Video Tutorial Screencast

Cara membuat video tutorial screencast – Screencast adalah perekaman digital keluaran (output) layar komputer, dikenal pula sebagai screen capture video, memuat narasi audio.Semakin banyak organisasi yang menggunakan video untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan kolega. Namun jika kamu baru pertama mengenal video, memulai bisa terasa menakutkan dan khawatir apabila hasil video yang kamu buat tidak menarik.Bagaimana jika ada cara untuk membuat video yang sangat menarik dan bermanfaat bagi pelanggan, rekan kerja, atau siapa saja yang perlu mempelajari sesuatu yang baru tanpa harus mengkhawatirkan semua peralatan dan masalah teknis lainnya yang dapat membuat video begitu menakutkan?

Di situlah screencast masuk. Mereka cepat dan mudah, dan yang kamu butuhkan hanyalah komputer dengan perangkat lunak yang tepat.Screencast adalah rekaman video digital dari layar komputer kamu yang biasanya menyertakan semacam suara audio.Kamu dapat menganggap screencast sebagai video yang setara dengan screenshot.Kamu akan melihat bahwa screencast juga sering disebut rekaman layar.Itu bisa berupa rekaman informal satu kali atau,untuk audiens seperti komunikasi pelanggan, itu bisa dipoles seperti yang kamu inginkan.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Turbo VPN

Screencast-O-Matic adalah perekam layar online yang memberi kamu kekuatan untuk merekam dan berbagi screencast.Kmau.idak perlu menginstal program apa pun karena itu berjalan di browser kamu. Apakah kamu menggunakan Windows, Linux atau MAC,kamu dapat merekam screencast dengan mudah.Atau kamu bisa merekam dengan menggunakan aplikasi camtasia.

Merekam layar komputer ke dalam bentuk video sehingga tutorial mu bisa tersampaikan secara tepat. Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan screencast?

Cara membuat video tutorial screencast :

Pertama yang kamu butuhkan adalah aplikasi layar untuk merekam video tutorial kamu.Setelah kamu memiliki video yang sudah kamu rekam, selanjutnya kamu akan melakukan proses editing untuk merapikan video tutorial kita. Entah itu proses memotong  bagian yang tidak perlu, menggabungkan video-video lainnya dalam satu video, dan termasuk juga menambahkan sound atau suara agar video tutorial mu makin menarik untuk ditonton

Baca Juga:   Cara Daftar Vtube di Telegram

Ada banyak software edit video yang bisa kamu pakai. Jika kamu sudah punya Camtasia, software ini selain bisa merekam layar, ada juga fitur editing videonya lho. Jadi setelah selesai merekam layar, kamu langsung bisa mengimpor filenya ke bagian editing.

Selain mempunyai fitur edit yang lengkap,kamu juga harus punya microphone yang berkualitas juga penting untuk menunjang kejelasan suar mu dalam menyampaikan tutorial agar terdengar bagus dan jelas.Untuk memilih microphone ada 3 hal yang bisa jadi pertimbangan sebelum kamu membeli. Pertama adalah anggaran, kemudian sesuaikan dengan kebutuhan mu, dan terakhir tipe mic.

Ada bermacam-macam tipe mic, seperti yang paling umum mic bertipe port USB, port jack 3,5mm, dan tipe lainnya.Microphone biasanya digunakan untuk mendubing langkah-langkah dalam tutorial mu. karena bila hanya visual saja, kadang malah membuat bingung orang yang mengikuti tutorial mu. Selain itu juga kurang menarik dong.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Jika tidak menggunakan dubing suara, biasanya di ganti dengan narasi teks dalam video. namun tetap saja akan lebih terasa menarik bila penonton dibimbing dengan suara mu asli.

Selamat membuat video tutorial dan berbagi ilmu. Selanjutnya bisa kamu upload di media sosial kamu seperti  Youtube, Website, atau sosial media yang lainnya seperti Facebook dan Instagram.Jika kamu menekuni dunia video tutorial ini bukan tak mungkin bisa menjadi tambahan pundi-pundi rupiah lho dan juga dapat menambah penghasilan kamu pastinya.

Nah,itulah cara membuat screencact sangat mudah untuk dipraktekkan bukan!!……

Baca Juga :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button