cara

Cara Menambahkan Font di Windows

Cara Menambahkan Font di Windows – Font atau jenis tulisan adalah salah satu hal yang biasanya sering dilupakan. Padahal hal ini sangat penting, memilih font yang sesuai untuk dokumen profesional atau blog pribadi, memastikan keterbacaan, kesan, dan dampak tentunya akan menambah suksesnya sebuah pekerjaan.

Memang, secara default Windows sudah dilengkapi dengan banyak dan beragam font berbeda yang siap pakai. Namun, bagaimana jika kamu menginginkan sesuatu yang berbeda? Nah, kali ini wajib tekno akan membagikan bagaimana dan di mana kamu bisa mendapatkan font gratis yang mengagumkan. Dan tentunyamenginstalnya dengan cepat, baik di Windows 10 ataupun Windows 11.

Font Pada Komputer

Dalam komputasi, font biasanya adalah file data yang berisi kumpulan garis dan kurva, dengan masing-masing menentukan karakter yang tampak spesifik pada saat ditampilkan di layar. Dengan menggunakan matematika untuk mendeskripsikan bentuk, daripada sekumpulan piksel tetap, akan lebih mudah untuk menskalakan ukuran karakter.

Ada dua jenis font populer yang biasa dikenal dan dipakai yaitu TrueType yang dikembangkan oleh Apple pada akhir 1980-an (file .tff), dan juga OpenType oleh Microsoft dan Adobe (.oft). Yang terakhir dibangun di atas fondasi yang pertama, dan menawarkan lebih banyak fungsionalitas, tetapi keduanya didukung penuh oleh hampir semua sistem operasi yang ada.

Baca Juga:   4 Cara Print Lewat Laptop

Untuk penggunaan umum seperti mengerjakan dokumen kantor dan lainnya, mungkin kamu tidak terlau mempermasalahkan jenis apa yang kamu gunakan. Namun ketika kamu adalah seorang desainer grafis, font tentunya akan menjadi pilihan yang bisa membantumu mendesain dengan maksimal secara signifikan.

Windows, seperti hampir semua sistem operasi, hadir dengan puluhan font dan ini seringkali cukup untuk kebutuhan kebanyakan orang. Namun jika kamu ingin menggunakan sesuatu yang berbeda atau memiliki tampilan atau gaya yang sangat spesifik, maka sangat mudah untuk menambahkan font baru. Lantas bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara menemukan font secara online

Cara Menemukan Font dan Menginstall di Komputer

Saat ini, kamu bisa menemukan banyak sekali situs web yang menawarkan font untuk diunduh. Dan banyak diantaranya bisa kamu unduh secara gratis. Namun, ada banyak juga font yang dikembangkan untuk dijual bahkan bisa memiliki label harga yang lumayan. Alasan untuk ini tergantung pada lisensi apa font tersebut didistribusikan.

Misalnya, bersama Helvetica / Arial, yang dikembangkan oleh Google untuk sistem operasi Android mereka. Didistribusikan di bawah lisensi Apache sehingga dapat digunakan untuk tujuan apa pun, dimodifikasi, dan didistribusikan ulang, tanpa harus membayar royalti.

Baca Juga:   STOCKBIT Buka Saham Online

Namun tidak semua font dibuat dengan cara ini, jadi jika ada biaya untuk mengunduh satu set, Kamu mungkin ingin memeriksa detail lisensinya jika kamu berencana menggunakannya untuk dokumen yang diterbitkan secara komersial atau menggunakannya pada desain yang kamu buat.

Salah satu sumber terbaik untuk font bebas royalti adalah Google Fonts . Di sini kamu bisa mencari lebih dari 1.400 jenis huruf yang berbeda, dan dengan mudah menemukan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu tahu nama font yang diinginkan, ketik saja di kolom pencarian. Namun, jika tidak yakin apa yang harus digunakan, bidang Kalimat di sebelah area pencarian akan memungkinkan kamu untuk mencoba semuanya. Ketik beberapa kata teks dan kamu akan segera melihat tampilannya, di semua font yang ditawarkan situs. Setelah Anda menentukan pilihan, klik font dan di halaman berikutnya, klik tombol “Unduh”. Ini terletak di bagian kanan atas halaman.

Windows Store juga menawarkan font, gratis dan berbayar, tetapi pilihannya relatif kecil, dan tidak ada cara untuk mencobanya sebelum mengunduhnya. Sumber bagus lainnya adalah Fontspace , untuk pilihan yang sangat banyak, atau Adobe Fonts , jika kamu menginginkan sesuatu yang sangat spesifik. Cukup mencari ‘font gratis’ di web akan memberikan lusinan hasil yang bagus.

Baca Juga:   Cara Gunakan Google Authenticator

Menambahkan font baru di Windows

Dengan font pilihan yang sudah kamu unduh sebelumnya, temukan tempat penyimpanannya di komputermu. Hampir semua font dikirim sebagai koleksi, dikompresi dalam file .zip, sehingga perlu dibongkar sebelum kamu dapat menginstalnya.

Klik kanan pada file zip tersebut, pilih opsi Extract All dan biarkan proses berjalan hingga selesai. Kamu akan memiliki folder baru di Unduhan yang berisi semua font baru. Masuk ke folder ini, lalu klik kanan folder yang ingin kamu instal; kemudian akan melihat opsi untuk Menginstal.

Sekarang akan melihat font baru yang ditampilkan di program lain seperti Microsoft Office. Jika belum muncul, tutup program dan buka lagi sehingga memuat font baru yang diinstal. Metode ini berfungsi untuk semua versi dari Windows 7 hingga 11, dan ini mungkin merupakan proses instalasi yang paling mudah.

Baca Juga:

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button