Cara Log in Aplikasi Sentuh Tanahku

Cara Log in Aplikasi Sentuh Tanahku, berdasarkan dokumen Sentuh Tanahku dari Kementerian ATR/BPN, dengan adanya kehadiran aplikasi Sentuh Tanahku ini dari tahun lalu yang ditujukan oleh peemerintah agar tercipta suatu simbiosis mutualisme antara masyarakat dengan Kementerian ATR/BPN.

Sentuh Tanahku sendiri merupakan aplikasi yang sengaja dibuat untuk menjawab dari berbagai macam permasalahan pertanahan yang ada pada masyarakat secara online.
Faktanya hingga kini masoh sering terjadi kesimpangsiuran terkait informasi ataupun regulasi terkait urusan pertanahan.

Aplikasi Sentuh Tanahku bertujuan untuk membantu masyarakat untuk mengetahui informasi secara berkala terkait pertanahan, secara transparan hal tersebut berguna untuk menghindari dari kasus penipuan yang mungkin saja bisa terjadi.

Baca Juga: 5 Penjelasan Tentang Bahaya Jika Anda Sering Tidur Memakai Kipas Angin

Jika ditarik benang merahnya, aplikasi Sentuh Tanahku ini merupakan salah satu inovasi dari pengembangan layanan pertanahan dalam urusan mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Di sisi lain, melalui aplikasi Kementerian ATR/BPN juga akan memperoleh sebuah data partisipatif yang kemungkinan bisa membantu perbaikan Geo KKP atau Sistem Informasi Pertanahan. Berkat kehadiran aplikasi Sentuh Tanahku ini sangat membantu dan bisa dinikmati oleh masyarakat luas yang bertujuan untuk;

  1. Mensosialisasikan atau memperkenalkan Program strategis ATR/BPN
  2. Menyampaikan informasi terkait status kepemilikan bidang tanah seperti berakhirnya hak, blokir, dan status berkas
  3. Bertujuan untuk inventarisasi jenis BMN yang belum terpetakan instasi lain
  4. Membantu surveyor atau petugas pengukur kadaster yang berlisensi untuk menemukan bidang tanah
  5. Bertujuan untuk mengetahui terkait data bidang tanag yang belum dilakukan transaksi beli atau hak tanggungan pada sebelumnya
  6. Bertujuan sebagai pengingat atau alarm terkait kewajiban angunan ataupun kepemilikan sertifikat
  7. Untuk mengetahui waktu, biaya dan persyaratan terkait layanan BPN dengan tujuan untuk melakukan peningkatan terhadap transparasi layanan pertanahan
  8. Berguna untuk pelacakan terkait status berkas permohonan yang ada di kantor pertanahan dalam upaya peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan lanyanan tersebut
  9. Aplikasi Sentuh Tanahku tentu akan sangat mempermudah cara kerja pada proses jual beli tanah.
Baca Juga:   Cara Retur Barang Di Tiktok Shop

Jika kalian saat ini ingin membeli tanah untuk dibangun, maka penting untuk untuk melakukan pengecekan berkas dan status tanah tersebut terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan. Sebagai contoh tanah di jual wilayah Depok, Jawa Barat bisa kalian miliki.

Cara Log in Aplikasi Sentuh Tanahku

Lakukan Download Aplikasi

Dalam rangka menikmati sebuah layanan yang tersedia pada aplikasi Sentuh Tanahku, untuk langkah pertama yang harus kalian lakukan ialah dengan download aplikasi Sentuh Tanahku di Playstore untuk perangkat android ataupun apple store untuk perangkat iOs. Untuk mendownload aplikasi ini kalian tak akan dikenai biaya.

Buat Akun Baru

Kemudian kalian wajib untul melakukan pendaftaran akun baru milik kalian. Akan ada beberapa data terkait informasi pribadi yang harus kalian isi dengan tepat.

Baca Juga:   Cara Gunakan Aplikasi Discord Untuk Pengguna Baru

Seperti mengisi email, username, password, konfirmasi password Data yang dimasukkan diantaranya username, email, password dan konfirmasi password. Kemudian isikan form dengan tepat agar proses cepat selesai

Lakukan Verifikasi Akun

Kalian harus melakukan verifikasi akun dengan cara klik fitur yang ada pada menu “Akun Saya”. Untuk melakukan verifikasi, kalian harus ambil swafoto dengan cara berfoto sendiri dengan memegang KTP lalu unggah la. Selain itu, kalian juga harus memasukkan informasi terkait data diri dengan lengkap.

Data diri yang berupa username sesuai Kartu identitas, Nama, NIK, nomor hp, pilih provinsi, pilih kabupaten atau kota pilih kecamatan, pilih kelurahan atau desa, lalu kirim jika pengisian data telah selesai.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Google Meet di Hp dan Laptop

Masuk Pada Halaman Utama

Pada layar utama aplikasi akan terdapat 6 menu, yang diantaranya Plot Bidang Tanah, Scan QR, Info Berkas, Info Sertifikat, Lokasi Bidang Tanah, dan Info Layanan. Pilihlah menu yang diinginkan atau dibutuhkan oleh kalian.

Memilih Menu Info Berkas

Bagi kalian yang membutuhkan informasi berkas kalian bisa melakukan pencarian terkaitnya, kalian bisa mengaksesnya lewat menu Info Berkas. Klik lah kolom dan masukan beberapa data seperti nama kantor pertanahan tempat dimana berkas diajukan, tahun berkas dan nomor berkas. Setelah itu klik tombol proses.

Terkait hasil dari Info Berkas yang ada pada aplikasi Sentuh Tanahku akan menampilkan terkait informasi dari loket pelayanan penyerahan seperti nama petugas, tanggal pembuatan dan selesai serta biaya. Akan ada rekam jejak pada pengurusan yang tercatat pada pengurusan berkas tersebut.

Pengecekan Biaya Pengurusan

Pada info layanan kalian bisa melihat informasi terkait tukar menukar, pewarisan, jusl beli, hibah, lelang pembagian hak bersama, pemasukan ke dalam perusahaan, pemisahan, emecahan dan penggabungan. Jika kalian ingin mengetahui terkait biaya pengurusannya maka kalian bisa menghitung simulasi biaya per layanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *