APPScara

Cara Gunakan Aplikasi Google Spreadsheet

Cara Gunakan Aplikasi Google Spreadsheet- hingga kini, sudah banyak tersedia dengan berbagai macam fitur-fitur canggih, software atau aplikasi, sampai dengan program teknologi agar bisa memudahkan kalian dala hal pekerjaan dan membuatnya lebih cepat selesai dengan sangatrapi. Salah satunya caranya adalah menggunakan Google Sheets atau Spreadsheet.

Walaupun aplikasi ini bukan termasuk layanan baru, pada kenyataanya masih banyak sekali orang-orang yang belum paham terkait cara menggunakan spreadsheet secara offline ataupun online.

Karena dianggap cukup penting untuk diketahui, mimin akan membagikan cara menggunakan Google Spreadsheet dengan benar, diulas dengan lengkap pada artikel ini.

Apakah itu Spreadsheet / Google Sheets?

Google Sheets merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google Drive dengan layanan penyimpanan online tanpa adanya batas, dimana ia dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama Google.

Sebagian besar para pekerjanya atau pelajar mungkin sudah sangat familiar dengan layanan bernama Google Sheets. Agar lebih mudah, layanan ini dikenal sebagai aplikasi Spreadsheet.

Spreadsheet merupakan suatu aplikasi atau program komputer dimana aplikasi ini digunakan untuk pengolahan, penangkapan, serta nampilin data yang disusun pada kolom dan baris.

Baca Juga:   Kode virtual account DANA? Gunakan 9 Kode ini!

Bentuk maupun format pada aplikasi spreadsheet sendiri dapat dikatakan cukup mirip dengan Microsoft Excel, yang di dalamnya terdapat susunan atas kolom dan baris.

Baca juga:Download Presensi Apk (Pencatatan Kehadiran)

Secara umumnya, aplikasi spreadsheet dapat dioperasikan secara online dan dapat juga memungkinkan para pengguna untuk ngedit sebuah dokumen atau file pada spreadsheet kapan dan di mana saja.

Selain itu, para pengguna Google spreadsheet juga dapat membagikan suatu dokumen yang sama dengan milik orang lain, termasuk juga untuk urusan edit seperti menambahkan atau mengurangi isi dari file itu sendiri.

Tentu saja, aplikasi spreadsheet jadi solusi pilihan agar memudahkan pekerjaan kalian dengan tim agar dapat segera selesai tepat waktu dan tersusun secara rapi.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Aplikasi Google Spreadsheet

Seluruh aplikasi atau layanan apapun tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing, termasuk saja pada aplikasi Google Spreadsheet.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dengan menggunakan spreadsheet. Apa saja itu? Mari kita simak sebagai berikut:

Kelebihan Dari Spreadsheet

  1. Bisa dioperasikan secara online lewat browser docs.google.com atau spreadsheets. Yang artinya, kalian tak harus download dan install layanan ini.
  2. Penggunaan gratis.
  3. Setiap pengguna nya bisa berkolaborasi, selain itu juga bisa berbagi dokumen atau file yang sama ke orang lain.
  4. Setiap pengguna bisa atur dan edit file tersebut dengan real-time atau langsung.
  5. Dapat melakukan obrolan dengan orang lain yang sedang mengedit.
  6. Seluruhperubahan data terakhir yang terjadu akan tersimpan secara otomatis begitu kalian selesai mengetik, dan diurutkan menurut tanggal, dan waktu, serta siapa yang telah membuat perubahan dokumen tersebut pada terakhir kali.
  7. Bisa kalian menggunakan aplikasi ini untuk mempercantik data pada bagan dan grafik berwarna.
  8. Dokumen atau file bisa disimpan dan bisa diekstrak juga lalu dapat dibuka pada Microsoft Excel dengan format yang disediakan berupa .xlsx.
  9. Data spreadsheet bisa kalian impor dan ekspor sampai 1 MB dengan format yang ada berula .csv, .xls, . pdf, .txt, .ods, dan html.
  10. Tiap satu dokumen spreadsheet bisa sampai 10.000 baris, dengan 256 kolom, dan 100.000 sel, serta 40 sheet. Tiap pengguna punya batas sampai 200 spreadsheet.
Baca Juga:   Cara Flashing/Instal ulang Andromax A16C3H Tanpa Pc

Kekurangan Dari Aplikasi Spreadsheet

Selain memiliki kelebihan aplikasi ini juga punya beberapa kekurangan dari menggunakan spreadsheet. Salah satunya yaitu kalian harus terkoneksi dengan jaringan internet untuk buka, atur, dan edit dokumen spreadsheet. Yang selanjutnya punya fitur spreadsheet yang tak lengkap seperti Microsoft Excel.

Cara Gunakan Google Spreadsheet

Gimana sih sebenarnya cara menggunakan aplikaai Google Sheets atau Spreadsheet ini? Untuk kalian para pengguna pemula, cara membuat spreadsheet tentu akan sangat membingungkan.

Untuk lebih gampang paham, kalian harus simak ulasan tentang cara menggunakan spreadsheet yang baik dan benar, pada artikel berikut ini.

Kalian harus punya akun Gmail. Kalau belum punya akun, maka kalian bisa membuat akun Gmail terlebih dulu sebelum menggunakan aplikasi spreadsheet.
Jika kalian sudah punya akun Gmail, kalian bisa mulai menggunakan spreadsheet dengan online lewat link berikut ini. docs.google.com/spreadsheets.

Baca Juga:   Jelaskan Cara Membuat Karya Seni Aplikasi, Ini Penjelasan Lengkap!

Kemudian di browser, akan munculkan tampilan ‘Start a New Spreadsheet’. Kalian bisa pilih ‘Blank’ pada bagian bawah kalimat itu untuk mulai membuat spreadsheet baru.

Pada tampilan spreadsheet yang baru itu kosong dimana akan terdiri dari sel, baris, dan kolom mirip seperti Microsoft Excel.
Kemudian kalian bisa ubah nama spreadsheet baru milik kalian dengan mengetik pada bagian yang bertuliskan ‘Untitled Spreadsheet’.

Di bagian bawah, kalian dapat lakukan pengeditan nama pada setiap ‘Sheet’ sesuai dengan kebutuhan pekerjaan dan tim.
Kemudian isi tiap sel, kolom, dan baris pada file tersebut sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kalian.

Kalian dapat edit Google Spreadsheet milik kalian kapan aja dan di mana aja. Semua perubahan data yang terjadi kalau selesai mengetik maka secara otomatis akan tersimpan.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button