SAMSUNGSamsungSMARTPHONETIPS

Cara Menonaktifkan Samsung RAM Plus Yang Memperlambat Ponsel

Cara Mematikan Samsung RAM Plus Yang Memperlambat Ponsel – One UI 4.1 memulai debutnya di seri Samsung Galaxy S22 . Salah satu fitur baru yang disertakan dalam One UI 4.1 adalah RAM Plus, yang memungkinkan Kamu mengalokasikan sebagian penyimpanan ponsel untuk bertindak sebagai RAM virtual.

Secara teori, ini akan membantu kinerja multitasking dan memungkinkan perangkat dengan RAM yang lebih sedikit untuk membuat lebih banyak aplikasi terbuka di latar belakang. Pada kenyataannya, RAM Plus mungkin memiliki efek sebaliknya.

Baca Juga: Tutorial Edit Video di Aplikasi Inshot

Cara Menonaktifkan Samsung RAM Plus di One UI 4.1

Di One UI 4.1, Kamu tidak dapat membuka aplikasi Pengaturan dan menonaktifkan Ram Plus. Sebagai gantinya, Kamu harus menjalankan perintah ADB melalui komputermu. Ini adalah perintah sederhana yang hanya perlu Kamu jalankan sekali. Jika Kamu baru mengenal ADB, kamu bisa mengikuti panduan ini untuk memulainya di komputer atau PC, dan aktifkan USB Debugging di ponselmu. Dengan ponsel terhubung ke ADB di komputer atau PC, salin dan tempel perintah berikut ke terminal:

adb shell settings put global ram_expand_size_list 0,1,2,4,6,8

Setelah perintah selesai, reboot ponsel dan setelah dinyalakan kembali, buka Settings > Battery and device care > Memory dan buka menu RAM Plus. Sebelum menjalankan perintah, kamu akan memiliki opsi untuk mengubah berapa banyak RAM virtual yang akan digunakan, mulai dari 2GB hingga 4GB.

Baca Juga:   Tips Supaya Tidak Bisa Anggota Grup WhatsApp Mengedit Detail Grup

Sekarang kamu akan melihat opsi untuk mengaturnya mulai dari 0GB hingga 8GB atau 16GB, tergantung pada perangkat yang kamu gunakan. Pilih 0GB dari daftar, dan reboot ponsel seperti yang diminta. Setelah aktif dan berjalan, Kamu akan melihat animasi yang lebih halus, kinerja yang lebih berkelanjutan, dan pengalaman yang lebih konsisten secara keseluruhan.

Baca Juga: Edit Video Di Aplikasi Invideo

Cara Menonaktifkan Samsung RAM Plus di One UI 5

Samsung memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan RAM Plus tanpa melewati rintangan di One UI 5 beta. Arahkan ke menu RAM Plus melalui Pengaturan > Baterai dan perawatan perangkat > Memori dan matikan menggunakan sakelar baru di bagian atas layar.

Baca Juga:   Cara Swipe Up Instagram dan Wajib Kamu Tahu!

Apakah Wajib Menonaktifkan RAM Plus?

Pada beberapa forum pengguna, RAM Plus dapat merusak kinerja perangkat yang kamu gunakan. Perintah ADB mudah dijalankan, dan kecuali kamu menyetel ulang perangkat ke setelan pabrik, Dan kamu hanya perlu melakukannya sekali. Samsung menambahkan opsi bawaan untuk menonaktifkan semuanya dengan baik dan bagus, tetapi tidak membantu semua orang. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Apk Bima+ Tri

One UI 4.1 adalah pembaruan terakhir untuk jajaran Galaxy S10, artinya trik ADB ini adalah satu-satunya cara untuk mengembalikan ponsel tersebut ke kejayaannya semula. Demikian pula, ponsel yang didukung saat ini seperti ponsel seri S20 atau A mungkin harus menunggu hingga tahun depan untuk melihat pembaruan One UI 5

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button