Cara Gunakan NFC untuk Cek Saldo

Cara gunakan NFC untuk Cek Saldo ATM dan Pembayaran cukup gampang caranya. NFC adalah Near Field Communication merupakan komukasi jarak dekat dengan tujuan untuk mengecek saldo ATM dengan pembayaran yang mudah.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih memudahkan masyarakat terutama pada kalian para penggemar aktifitas cashless atau non tunai karena hadirnya fitur terbaru ponsel yaitu NFC.

Baca Juga : https://www.wajibtekno.com/6455/cara-gunakan-maxim-driver.html

NFC atau Near Field Communication ataupun komunikasi jarak dekat ini adalah sebuah konektivitas yang berguna unuk menghubungkan atau mentambungkan 2 perangkat dengan jarak berdekatan beberapa cm saja.

Untuk ponsel yang memiliki fitur NFC memungkinkan para prnggunanya untuk transfer data kontak, gambar dan video ke perangkat lain dengan cepat dan mudah. NFC juga memungkinkan kalian untuk cek saldo ATM dan lakukan pembayaran dengan sangat mudahnya.

Fitur Nfc akan ditemukan pada ponsel dengan kelas menengah keatas sampai flagship. Perangkat yang memiliki fitur NFC contohnya seperti ponsel dengan merk Samsung, Apple, Poco dan lain sebagainya.
Sebelum nanti kalian untuk mengetahui cara gunakan NFC sebagai saldi ATM dan lakukan pembayaran, maka kalian harus aktifkan fitur NFC yang ada diponsel kalian terlebih dahulu.

Baca Juga:   Cara Upload Video di WA Full Tanpa Aplikasi

Cara Aktifkan NFC

  1. Buka menu pengaturan atau setting pada ponsel kalian
  2. Klik perangkat terhubung
  3. Klik preferensi koneksi
  4. Pilih menu NFC lalu aktifkan gunakan NFC

Cara Gunakan NFC untuk Cek Saldo

Untuk mengecek saldo ATM dengan fitur NFC kalian harus pastilan bahwa ponsel yang dimiliki terlebih dahulu memiliki fitur ini tentunya. Kemudian jika memang kalian sudah punya fitur ini pada ponsel maka langkah selanjutnya adalah aktifkan NFC kalian.

Untuk mengecek saldo ATM dengan NFV kalian perlu download aplikasi electric money card balance kemudian aktifkan NFC di HP kalian. Jika NFC sudah aktif maka langkah selanjutnya adalah menempelkan kartu pada bagian belakang ponsel, kemudian sisa saldo ATM akan tebaca dengan mudah.

Fitur NFC baru hanya bisa membaca beberapa jenis kartu saja sepertu Emoney Mandiri, BCA flazz, BRI Brizzi, TapCash BNI, Kartu multi trip dan MegaCash. Pada aplikasi ini tidak dapat dilakukan untuk pengisian saldo.

Baca Juga:   Download TWRP 2.8.5.0 Full Selinux Support samsung galaxy grand indonesia

Kegunaan Lain NFC

Top Up Uang Elektronik

Uang elemtronik bisa dijadikan sebagai alat pembayaran yang digunakan untuk melakukan pembayaran apapun yang mendukung pembayaraan elektronik. Seperti pembayaran tol, belanja di mini market, supermarket dan lain sebaginya. Pemerintah dan jasa marga telah mewajibkan penggunaan uang elektronik untuk membayar tol. Jadi nggak akan adalagi namanya bayar tunai untuk bayar tol. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi antrean parah.

Fungsi NFC di HP digunakan untuk top up dan cek saldo. Jika saldo elektronik habis maka kalian bisa top up kapan saja tanpa harus pergi ke ATM atau minimarket. Kalian bisa cek dulu saldo uang eletronik milik kalian agar tak tertahan di gerbang tol.

Sebagai Alat Transaksi Pembayaran
NFC digunakan sebagai alat pembayaran dimana kalian harus download aplikasi di ponsel kalian terlebih dulu yang dapat mendukung pembayaran via NFC.

Saat melakukan pembayaran kalian perlu scan dengan nempelin bagian belakang ponsel kalian ke sensor NFC pada mesin kasir.Bayar melalui fitur NFC sangat simpel karena tak perlu repot lagi menyimpan uang kembalian. Dan kalian juga gak pelru bawa uang cash saat melakukan berpergian.

Baca Juga:   Aplikasi Download Gratis Bingkai Foto Twibbon Idul Adha 2021

Kalian juga bisa berbagi foto dan video dengan menggunakan fitur NFC yang kalian miliki di ponsel kalian. Cara cepatnya kalian tinggal tempelkan bagian belakang hp ke logo NFC dengan perangkat NFC lain. Fitur NFC memudahkan kalian memindah video atau foto dalam waktu besar dengan waktu singkat.

Kanera DSLR atau mirrorless kekinian kelas profesional biasanya sudah memiliki fitur NFC. Dimana fitur ini akan memudahkan fotograferfotografer memindah video dan foto dengan ukuran besar ke perangkat lain yang mendukung fitur NFC seperti smartphone dan printer.

Baca Juga :  https://www.wajibtekno.com/3287/web-hosting-dengan-server-usa-terbaik.html

Smart poster merupakan salah satu jenis media yang cukup kreatif yang banyak digunakan oleh berbagai brand. Smart Poster sendiri memiliki chip NFC di dalamnya sehingga bisa nampilin konten promosu yang cukup dinamis. Ketika kalian nempelin ho pada chip NFC pada poster, kalian akan dapat lihat konten promo khusus atau halaman web dari brand.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *