Pelajari TIPS Berikut Ini Untuk Mendapatkan Beasiswa!

WAJIBTEKNO-Bagi siswa kelas XII SMA yang menginginkan beasiswa harus memiliki cara agar bisa mendapatkan beasiswa di Perguruan Tinggi bergengsi. Jika Anda belum tau tips mendapatkan beasiswa silahkan simak tips dibawah ini.

Baca Juga: Kartu Pra Kerja Kembali Masuk Dalam Program Bansos Tahun Ini, Berikut Cara dan Persyaratan…

Berikut adalah tips mendapatkan beasiswa bagi mereka yang ingin mencari beasiswa.

  1. Mencari data beasiswa dari sumber terpercaya. Karena ada berbagai data beasiswa di web dan offline, Anda perlu waspada. Ini karena tidak semua data menjelaskan beasiswa. Jadi, pastikan data beasiswa yang Anda dapatkan berasal dari situs terpercaya. Misalnya, situs web lokal, situs-situs resmi yang langsung memberikaan beasiswa.
  2. Ketahui jenis-jenis beasiswa. Sebagai aturan umum, ada dua jenis beasiswa yang dapat Anda lihat: Akademik / Non-Akademik. Selanjutnya, beasiswa bagi masyarakat miskin atau kurang mampu, jenis beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki kendala di keuangan. Seperti Program Bantuan Pemerintah (KIP) Kartu Indonesia Pintar. Beasiswa diberikan Misalnya hanya dua semester pertama atau 50% dari total biaya. Tersedia juga beasiswa penuh atau 100%.
  3. Anda memiliki minat dan informasi yang memadai terkait dengan program beasiswa yang diumumkan. Biasanya Anda akan ditanya mengapa Anda memilih program beasiswa ini. Jika jawaban Anda tidak meyakinkan, kemungkinan besar Anda tidak akan sesuai dengan tagihan beasiswa. Nah, jika sudah lulus ada juga beasiswa yang memberikan syarat mengenai  prestasi (IPK minimal) selama kuliah. 
  4. Ketahui data tentang beasiswa yang diberikan. 
  5. Ketahui tentang intitusi yang memberikan beasiswa
  6. Memahami apa yang akan menjadi pertimbangan agar lulus seleksi bahan
  7. Pahami diri Anda. Apakah jurusan yang anda inginkan sesuai dengan beasiswa yang diberikan
  8. Perbanyak belajar agar bisa lulus seleksi tes

Ini karena setiap beasiswa memiliki bentuk yang berbeda. Hal yang perlu diketahui termasuk tes yang akan dilakukan, materi tes, pada saat itu.

Baca Juga: Jangan Tunda Daftar Diri Ke DTKS.KEMENSOS.GO.ID Agar Dapat Bansos Di Tahun Ini, Berikut Caranya..

Perlu dipahami bahwa untuk mendapatkan beasiswa perlu persiapan yang matang. 

Lulus di Perguruan Tinggi melalui jalur beasiswa adalah impian setiap orang ingin menggapai mimpinya.  Mendapatkan beasiswa akan sangat membantu kita secara finansial untuk meraih cita-cita  yang kita impikan.

Baca Juga: Bantuan Modal Usaha GRATIS Rp. 3,5Jt Dari Kementrian Sosial, Cek Cara Daftarnya Di Sini..

Terlebih jika Perguruan Tinggi tempat kita kuliah adalah Perguruan Tinggi yang ternama dan membutuhkan biaya yang mahal atau juga Perguruan Tinggi itu berada di luar negeri. 

Selain itu, juga memberikan kebanggan bagi kita dan orang tua kita bahwa anaknya telah mencapai cita-citanya.

Untuk saat ini telah banyak beasiswa-beasiswa yang diberikan baik dari pemerintah mampun dari perusahaan-perusahan yang memfasilitasi beasiswa. Beasiswa yang diberikan ada beasiswa di dalam negeri dan beasiswa di luar negeri. 

Baca Juga: Berikut 7 Bantuan Sosial Dari Pemerintah Di Tahun 2021 Ini. Cek Apa Saja..

Contoh beasiswa yang diberikan oleh perusahaan yaitu beasiswa di Sinar Mas Agribusiness and Food Scholarship Program. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan penuh dan biaya harian (untuk siswa yang berhasil) selama mereka menjalani pendidikan yang sesuai di bidang kelapa sawit. Untuk  mengetahui cara mendapatkan beasiswa ini (CEK DISINI) 

Selain itu, juga ada beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah melalui Program Kartu KIP. Untuk mengetahui syarat dan manfaat beasiswa ini (CEK DISINI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *